topbella

Sabtu, 02 Oktober 2010

Ikhlas Yuk...^^

Ikhlas.Satu kata yang simple yah, tapi maknanya ini lho. Punya arti yang sangat mendalam, begitu menggugah, mudah membaca pengertiannya dari buku tapi paling sulit untuk ngejalaninnya. Why ??. Mungkin karena kita sendiri yang belum paham maknanya yah..

Ada nasehat dari Al Ghazali, "...pancaindra manusia bagaikan lima pintu yang terbuka menghadap ke duinia luar. Tetapi yang lebih menakjubkan adalah hatinya yang berjendela terbuka ( ke dalam ) ke arah dunia gaib yang tak kasatmata, sesekali ia bisa menerima isyarat tentang masa depannya"

Subhanallah, nasehat yang menakjubkan. Mengingatkan kita bagaimana hati ini memiliki peranan yang sangat luar biasa pentingnya. Hati yang ikhlas merupakan hati yang mengetahui bagaimana berserah diri kepadaNya. Pernyataan yang pernah kulontarkan pada sahabat dan ia menanyakan tentang pasrah ( terima kasih sobat, engkau mengajakku untuk terus mencari dan memahami ) . Menurut saya pasrah dan ikhlas sangat berelasi. Justru kita tidak pernah mengetahui kita ikhlas saat itu, tapi kita menyadari kita ikhlas saat kita telah melewatinya. Dan saat kita berproses ikhlas , itulah disebut pasrah.Pasrah yang berupa kata-kata dan menerima keadaan, saat tidaka ada lagi yang bisa dilakukan, dan hati pun cuma tertuju pada satu hal yaitu Allah, menyerahkan segala keadaan , keputusan dan hasil kepada Allah.

Sulit yah dipahami , tapi cobalah, cobalah belajar untuk berpasrah diri kepada Allah . Aku pun belum bisa mengajarkan kalian tentang ikhlas , tapi aku akan terus mencoba sehingga aku bisa menjalaninya selalu dan aku menyadarinya, tidak lewat begitu saja . Jika ada yang ingin diajarkan tentang ikhlas, pesanku hanya satu hal , "Serahkan semuanya pada Allah, Yakinlah dariNya dan hanya UntukNya kita terus berusaha ...Percayalah Dia Ada..."

Dan satu hal lagi sobat, guru ikhlas itu ada dimana-mana. Dari setiap masalah yang kita hadapi ataupun yang kita dengar dari orang lain. Kalian pun dapat mengambil makna tentang ikhlas. Gemarilah kebaikan supaya kita lebih terbiasa untuk membantu orang lain dan hati pun terbiasa dengan kebaikan dan akan memberi efek untuk kita agar lebih 'dekat' dengan ikhlas.

Belajarlah dan Pahamilah ....^_^

NOte : Hmmm..Sepertinya tamu hatiku dan untuk orang yang kutitipi tamu2 ini bertambah satu ya , 4 tamu yang menjadi teman hati sekarang bertambah menjadi 5 . Mudah2an masih betah . Tetap jaga di hati kita , I know you can..^_^

0 komentar:

Posting Komentar

Dik Triesna

Foto Saya
Dik Triesna
"Allah Tetapkan Apa Yang Terbaik Bagi HambaNya dan Akan Indah Pada Saatnya, Bersabarlah..."
Lihat profil lengkapku