topbella

Jumat, 24 Desember 2010

Renungan-Api Manusia

Renungan Api Manusia 

Seorang murid bertanya kepada seorang guru, apakah tiga penyakit manusia, guru?
Sang guru menjawab, "kebencian, keserakahan dan kebodohan bathin"
Sang murid bertanya lagi, "apakah perbedaan ketiganya ?"
Sang guru menjawab,""keserakahan sukar disadari tapi lebih mudah dihilangkan , kebencian mudah disadari namun sukar dihilangkan, namun kebodohan bathin paling sulit disadari dan dihilangkan"

Kebodohan yang berawal dari rasa angkuh, menyadari bahwa diri adalah hanyalah yang terbaik, tidak memperdulikan perkataan orang lain dan berujung pada rasa congkak yang luar biasa. Congkak yang menghalangi ilmu masuk melalui hati dah indera. Kebodohan yang nantinya berujung pada gerbang kesendirian dan kemunafikan, saat kebodohan fana itu berada dalam posisi tertinggi, dan semua orang tunduk padanya, hanya DIDEPANNYA, tidak DIBELAKANGNYA.

Wahai manusia, apakah yang paling sulit?? menerima kritikan dan berubah, hal itu sulit tapi itu adalah kado terindah untuk kehidupan yang lebih baik. Tidak mudah membiarkan telinga ini mendengarkan kritikan yang menggores hati, tapi demi diri kita. Maukah kamu  bertahan pada satu kebodohan dengan mengacuhkan semua kritikan untuk perubahanmu.

Api, manusia. Manusia yang memulai menciptakan api , dengan bantuan si api , api pun makin berkobar dan akhirnya saat api telah meraja dan menghancurkan segalanya , maka si manusia itu sendiri yang terbakar didalamnya.Aku rasa kamu paham apa yang kumaksudkan..Fikirkanlah tentang si api, api dan api ..

Dik Triesna : Renungan pagi hari bersama air...^^

1 komentar:

akangeronces mengatakan...

inti'a jangan main api kalo lagi masak...

Posting Komentar

Dik Triesna

Foto Saya
Dik Triesna
"Allah Tetapkan Apa Yang Terbaik Bagi HambaNya dan Akan Indah Pada Saatnya, Bersabarlah..."
Lihat profil lengkapku